23. Menyampaikan Pendapat dalam Wawancara

Wawancara adalah percakapan dalam bentuk tanya jawab.
Tujuan wawancara dengan narasumber adalah memeroleh
informasi atau data. Adapun yang dimaksud dengan nara
sumber adalah orang/ahli yang akan dimintai keterangan atau informasi. Biasanya narasumber yang diwawancarai ada orang yang berprestasi atau orang yang mempunyai keahlian/ keistimewaan tertentu

1. Mendengarkan wawancara
Kamu tentu sering melihat ataupun mendengarkan wawancara, bukan? Wawancara dilakukan untuk memperoleh keterangan ataupun pendapat tentang suatu masalah. Orang yang mewawancara disebut pewawancara, sedangkan orang yang diwawancarai disebut narasumber.

2. Menyimpulakan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
Kamu tentu sudah menangkap isi wawancara tersebut, bukan? Setelah mencatat pokok-pokok isi wawancara tersebut, kamu dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan dari narasumber. Penyimpulan pikiran, pendapat, dan gagasan dari narasumber tersebut dapat kamu lakukan dengan merangkai pokok-pokok wawancara secara padat dan singkat.
Ada berbagai macam cara untuk mengetahui suatu hal. Salah satu caranya adalah dengan wawancara. Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dan orang yang memberikan informasi.
Dalam suatu wawancara ada penanya dan penjawab. Orang yang menjadi penjawab disebut narasumber. Narasumber merupakan orang yang mempunyai kemampuan yang lebih di bidangnya atau ahli di bidangnya.
Wawancara yang kita lakukan akan mengetahui pikiran, pendapat, atau gagasan dari orang yang kita wawancarai. Dengan wawancara, kita akan mengetahui pikiran atau pendapat seseorang terhadap suatu hal, khususnya masalah atau hal yang kita kemukakan dalam wawancara tersebut.

1. Menyimak Wawancara dan Mencatat Hal Penting dan Menarik
Topik yang dibicarakan dalam wawancara tentu selalu berbeda. Hal tersebut bergantung pada apa yang dibutuhkan oleh pewawancara. Begitu pula dengan pendengar. Wawancara akan menarik apabila pendengar merasa topiknya aktual dan dibutuhkan.
Simaklah dengan seksama wawancara yang akan diperdengarkan oleh gurumu atau teks wawancara yang akan diperankan oleh temanmu berikut ini.
Sambil menyimak, catatlah informasi-informasi penting dan menarik yang terdapat dalam wawancara. Untuk itu, gunakanlah format berikut ini!

1. Tema/topik : ……………………………………………………………………………
2. Narasumber : ……………………………………………………………………………
3. Pewawancara : ……………………………………………………………………………
4. Isi wawancara
a. Pembuka : ……………………………………………………………………………
b. Isi : ……………………………………………………………………………
c. Penutup : ……………………………………………………………………………

Menurut jenisnya, wawancara dapat dibedakan menjadi tiga macam.

a. Wawancara secara Spontan
Wawancara ini dilakukan secara alamiah dan spontan. Oleh karena itu, hubungan antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai berlangsung secara alami, spontan, dan wajar. Penyampaian pertanyaannya pun harus berjalan sebagaimana dalam percakapan sehari-hari.

b. Wawancara dengan Petunjuk Umum
Wawancara ini menuntut terlebih dahulu pewawancara membuat kerangka atau pokok masalah yang akan ditanyakan dalam proses wawancara.

c. Wawancara dengan Seperangkat Pertanyaan yang Telah Dibakukan
Wawancara jenis ini sudah menetapkan urutan, kata-kata, dan cara penyajian pertanyaannya. Dengan demikian, pihak pewawancara hanya membacakan sejumlah pertanyaan yang telah disiapkan tersebut.
Setelah mengamati contoh teks percakapan dan mengetahui pengertian
1. Definisi Wawancara
Wawancara adalah kegiatan tanya jawab dengan seseorang yang bertujuan mendapatkan informasi. Orang yang diwawancara disebut narasumber.
Ada beberapa jenis wawancara, antara lain;

a. Wawancara berstruktur, yaitu wawancara yang dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara sistematis dan pertanyaan yang diajukan telah disusun
sebelumnya.

b. Wawancara tidak berstruktur adalah wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lebih luas dan leluasa tanpa terikat oleh susunan pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya, biasanya pertanyaan muncul secara spontan sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi ketika melakukan wawancara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s